happy Halloween

Recent Posts

Mari satukan Langkah Kita
English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kalender Suku Maya

Para pecinta misteri pasti pernah mendengar suku maya.Yang pailing terkenal atau yang sering kita dengar adalah calendar suku maya.Sebelum membaca artikel ini yakinkan bahwa kalian masih percaya kepada ALLAH tentang segala kuasanya dan mukzijatnya.Artikel ini bukan menentang ajaran agama melainkan artikel yang menyajikan suatu kepercayaan zaman kuno dahulu tentang hari datangnya kiamat. pada dasarnya kita mempercayai hanya ALLAH lah yang menentukan segala macam bentuk yang ada di dunia termasuk hari kiamat.Tetapi tak ada salahnya jika kita simak artikel ini bukan….?^_^

Pada dasarnya calendar yang di miliki ole suku maya adalah 22 calender diantaranya yang saya ketahui secara rinci adalah
-Tzolkin
-Haab
-Long Count




Berikut penjelasannya yang saya simpulkan agar dapat di mengerti oleh kalian semua:

Tzolkin
Tzolkin adalah adalah nama umum digunakan oleh peneliti untuk Mayanist Suci Maya Round atau 260 hari kalender. Kata neologisme tzolk'in adalah diciptakan di Yucatec Maya, yang berarti "hitungan hari" . Nama berbagai kalender ini seperti yang digunakan oleh bangsa Maya Precolumbian masih diperdebatkan oleh para ahli. Tzolkin terdiri dari 20 minggu yang masing-masing terdiri dari 13 hari (13 hari x 20 minggu = 260 hari).

Haab
Haab adalah kalender matahari Maya terdiri dari delapan belas bulan ditambah dua puluh hari setiap periode lima hari ( "tanpa nama hari") pada akhir tahun dikenal sebagai Wayeb. Terdiri dari 365 hari, sama seperti kalender yang kita pakai.

Dan sekarang inti dari artikel ini yaitu Calender yang menyebutkan kiamat 2012.

Long Count
Sedikit penjelasan tentang calendar ini okey…^_^
Dalam sejarah di suku maya,sebelum manusia terlahir di bumi,manusia telah mengalami 3 kali penciptaan yang gagal yang tentunya di dalam kepercayaan mereka manusia(maya Ahaw) di ciptakan oleh Dewa dan di penciptaan yang ke 4,kita di sekarang ini di tempatkan di bumi. Long Count kalender mengidentifikasi tanggal dengan menghitung jumlah hari dari tanggal 4 penciptaan Maya Ahaw, 8 Kumk'u (11 Agustus 3114 SM dalam kalender kita Gregorian).Tanggal 11 agustus 3114 SM lah awal kehidupan manusia di bumi dan dari tanggal itulah di hitung pula akhir dari kehidupan manusia nantinya.
Long Count adalah kalender linear yang dimulai dari hari 1, sama seperti kalender yang kita pakai namun perbedaannya jika kita menggunakan hari,minggu,bulan dan tahun berbeda dengan yang di gunakan dengan kalender Long Count yaitu kin,uinal,tun,katun, dan baktun.
1 kin = 1 hari
1 uinal = 20 kin = 20 hari
1 tun = 18 uinal = 360 kin = 360 hari
1 katun = 20 tun = 7.200 kin = 7.200 hari
1 baktun = 20 katun = 144.000 kin = 144.000 hari

Pertanyaannya…mengapa kiamat terjadi tahun 2012 tepatnya tanggal 21 Desember?
Menurut sebuah buku yang bernama Popol Vuh yang menceritakan detail penciptaan, kita hidup pada masa penciptaan ke-4. Popol Vuh menceritakan bahwa tiga penciptaan pertama gagal dilakukan oleh dewa. Penciptaan ke-4 lah yang berhasil dan manusia ditempatkan di bumi(persis seperti yang di percayai oleh suku maya).
Menurut suku maya penciptaan 4 yang terjadi pada 11 agustus 3114 SM(kalender kita) dan akan berakhir pada 13 baktun Dan menurut perhitungan adalah
13 baktun x 144.000 kin(hari) =1.872.000 kin(hari) = 5.125 tahun
Menurut para ahli jika di hitung dari awal penciptaan menurut kepercayaan suku maya 11 agustus 3114 SM hingga 1.872.000 hari ke depan maka tepatnya akan terhenti di 21 desember 2012.

Di mulai dari sinilah di perkirakan bahwa kiamat akan terjadi di tahun 2012…seperti yang saya katakan di awal hanyalah ALLAH ah yang nantinya menentukan akhir zaman ini dan artikel tadi semoga menjadi pedoman agar kita dapat lebih mendekatkan diri kepada ALLAH jikalau benar-benar akan terjadi maupun tidak.GOD BLESS YOU ALL AND KEEP IN WORLD OF MYSTERY

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Total Pageviews

Cari Blog Ini

pesan admin

butir butir waktu tidak bisa di hentikan, tahun tahun berlaku entah kita menginginkanya atau tidak... tapi kita bisa mengingat. apa yang telah hilang mungkin masih hidup dalam kenangan, apa yang kita dengar tidak sesempurna dan sepotong potong, tapi hargailah. mari kita bukalah kenangan yang telah terlupakan itu. yang tersembunyi dalam kabut mimpi yang berada di belakang kita...!!!

Author

Foto Saya
MysteRIO bizarre
Lihat profil lengkapku

    Recent Post

    .-.
    -
    .
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Blogger Tricks

    Islamic Calendar

    free counters

    Followers

      Postingan Populer


    Recent Comments